Senin, 15 Oktober 2018

PENDIDIKAN BERKARAKER

PENDIDIKAN BERKARAKTER
Oleh: Rosiman, SP
Kepala Madrasah Miftahul Huda


Assalamualaikum Wr. Wb


Rosiman, SP
Kepala Madrasah
Penguatan pendidikan moral (moral education) atau pendidikan karakter (character education)  dalam konteks sekarang sangat relevan untuk mengatasi krisis moral yang sedang melanda di negara kita.  Krisis tersebut antara lain berupa meningkatnya pergaulan bebas, maraknya angka kekerasan anak-anak dan remaja, kejahatan terhadap teman, pencurian remaja, kebiasaan menyontek, penyalahgunaan obat-obatan, pornografi, dan perusakan milik orang lain sudah menjadi masalah sosial yang hingga saat ini belum dapat 
diatasi secara tuntas, oleh karena itu betapa pentingnya pendidikan karakter.

Menurut Lickona, karakter berkaitan dengan konsep moral (moral knonwing), sikap moral (moral felling), dan perilaku moral (moral behavior). Berdasarkan ketiga komponen ini dapat dinyatakan bahwa karakter yang baik didukung oleh pengetahuan tentang kebaikan, keinginan untuk berbuat baik, dan melakukan perbuatan kebaikan. Bagan dibawah ini merupakan bagan keterkaitan ketiga kerangka pikir ini.

   Secara sederhana, pendidikan karakter dapat didefinisikan sebagai segala usaha yang  dapat dilakukan untuk mempengaruhi karakter siswa. Tetapi untuk mengetahui pengertian  yang tepat, dapat dikemukakan di sini definisi pendidikan karakter yang disampaikan oleh Thomas Lickona. Lickona menyatakan bahwa pengertian pendidikan karakter adalah suatu      usaha yang disengaja untuk membantu seseorang sehingga ia dapat memahami, memperhatikan,    dan melakukan nilai-nilai etika yang inti .

     Nilai-nilai dalam pendidikan karakter

     Ada 18 butir nilai-nilai pendidikan karakter yaitu , Religius, Jujur, Toleransi, Disiplin, Kerja Keras, Kreatif, Mandiri, Demokratis, Rasa Ingin Tahu, Semangat Kebangsaan, Cinta tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat/komunikatif Cinta Damai, Gemar membaca, Peduli lingkungan, Peduli social, Tanggung jawab.

   Pendidikan karakter telah menjadi perhatian berbagai negara dalam rangka mempersiapkan generasi yang berkualitas, bukan hanya untuk kepentingan individu warga negara, tetapi juga untuk warga masyarakat secara keseluruhan. Pendidikan karakter dapat diartikan sebagai the deliberate us of all dimensions of school life to foster optimal character development (usaha kita secara sengaja dari seluruh dimensi kehidupan sekolah/madrasah untuk membantu pembentukan karakter secara optimal).

Pendidikan karakter memerlukan metode khusus yang tepat agar tujuan pendidikan dapat tercapai. Di antara   metode pembelajaran yang sesuai adalah metode keteladanan,  metode pembiasaan, dan metode pujian dan  hukuman.

Wassalamualaikum, Wr. Wb


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

DOWNLOAD FORMULIR PENDAFTARAN SISWA BARU MTS MIFTAHUL HUDA TA. 2021/2022

PENERIMAAN SISWA BARU  (PSB) MTS MIFTAHUL HUDA TASIK SERAI  TAHUN PELAJARAN 2021/2022 DOWNLOAD FORMULIR PENDAFTARAN DIBAWAH INI , KLIK LINK ...